Minggu, 25 Maret 2012

Manfaat Dzikir Mengingat Allah


MANFAAT DZIKIR MENGINGAT ALLAH

Oleh Fadhil ZA
Dzikir mengingat Allah adalah kegiatan yang sangat dianjurkan dalam Al-Qur’an, antara lain dalam surat Al Ahzab ayat 41-43 dan surat Al Jumu’ah ayat 11 :
 (41)- Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.(42)- Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.(43)- Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. (Al Ahzab 41-43)
10- Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (Al Jumu’ah 10)
  Ada beberapa kegiatan dzikrullah yang diajarkan Rasulullah kepada kita antara lain , Sholat , membaca Qur’an, membaca kalimat tahlil, tahmid, tasbih, takbir, Asma’ulhusna , membaca do’a , dan lain sebagainya.
Sholat dilakukan pada waktu dan cara yang telah ditetapkan , membaca Qur’an juga dianjurkan dilakukan dengan tartil dan berusaha memahami semua bacaannya pada waktu malam hari. Membaca tahlil, tahmid , tasbih, takbir dan berdo’a dianjurkan dilakukan setelah selesai mengerjakan sholat. Mengingat Allah dengan menyebut Asma’ulhusna dianjurkan dibaca setelah sholat atau pada waktu berdiri, duduk dan berbaring. Usahakan hati dan fikiran tidak pernah kosong dan sepi dari menyebut nama Allah, hadirkan Allah didalam hati dan fikiran setiap saat dimanapun berada. Selama hati dan fikiran selalu ingat dan menyebut nama-Nya, demikian pula Allah akan selalu ingat dan memperhatikan keadaan orang itu .  Dalam hadist Qudsi yang diriwayatkan oleh  Syaikhani dan Turmidzi dari Abu Huraira ra   Allah mengatakan :
“ Aku sesuai dengan dugaan hamba-Ku kepada-Ku. Jika ia ingat kepadaKu didalam hatinya, Akupun ingat pula kepadanya didalam hatiKu. Dan jika ia ingat kepadaKu dilingkungan khalayak ramai,  niscaya Akupun ingat kepadanya didalam lingkungan khalayak ramai yang lebih baik. Dan jika ia mendekat padaKu sejengkal,Akupun mendekat pula padanya sehasta. Jika ia mendekat padaKu sehasta, niscaya Aku mendekat padanya sedepa. Dan jika dia datang padaKu dengan berjalan, maka Aku mendatanginya sambil berlari “
Sejalan dengan hadist diatas Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 152:
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya  Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) -Ku. ( Al-Baqarah 152)
Dzikir mengingat Allah tidak diatur caranya secara detail seperti pelaksanaan sholat, Al Qur’an hanya menyebutkan secara garis besar , sebagaimana disebutkan dalam surat Ali Imran 191:

 (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Ali Imran 191)
Bagaimana cara berdzikir ketika berdiri, duduk atau berbaring tidak diatur secara detail, Rasulullah hanya mencontohkan membaca istighfar, tasbih, tahmid, tahlil sebanyak 33 kali sesudah sholat, ini adalah aktifitas minimal. Al-Qur’an menganjurkan kita berdzikir sebanyak banyaknya, tanpa bisa dihitung ketika berdiri, duduk dan berbaring, secara lisan maupun didalam hati diwaktu pagi, sore maupun malam hari baik dengan cara berjama’ah maupun seorang diri. Silahkan dipilih cara yang paling tepat buat diri masing masing, tidak perlu diperdebatkan tata cara yang dipilih. Semua cara yang dilakukan sepanjang untuk mengingat Allah dan membangkitkan rasa cinta dan rindu padanya adalah baik, yang tidak benar adalah orang yang tidak melaksanakan dzikir dan  lupa dari mengingat Allah karena sibuk dengan urusan duniawinya.
Manfaat nyata dari Dzikrullah:
Selalu ingat dan menyebut nama Allah setiap saat dan sepanjang waktu dikala berdiri, duduk dan berbaring merupakan gambaran  nyata dari keimanan ,ketakwaan dan rasa tawakkal seseorang. Allah akan memperlihatkan  menfaat dan efek nyata dari amalan dzikrullah seseorang dalam kehidupannya sehari hari hari  antara lain:
1.      Mendapat ketenangan hati dan bebas dari perasaan jengkel,kecewa, sedih, duka, dendam dan stress berkepanjangan  ( Ar Raad 28)
2.      2.       Dikeluarkan Allah dari kegelapan   (hidup yang penuh kesukaran, kesempitan,kepanikan,  kekalutan ,kehinaaan  dan serba kekurangan )  kepada cahaya yang terang benderang     ( hidup bahagia,nyaman, aman, mulia, sejahtera dan berkecukupan). (Al Ahzab 43)
3.      Terpelihara dan terhindar dari melakukan perbuatan keji dan mungkar (Al Ankabut 45)
4.      Terpelihara dari kelicikan dari tipu daya syetan yang menyesatkan (An Nahl 99)
5.      Selalu mendapat jalan keluar dari berbagai kesulitan yang datang menghadang dan mendapat rezeki dari tempat yang tidak pernah diduga, serta selalu dicukupkan semua kebutuhan hidupnya ( At Thalaq 2-3)
6.      Dibukakan  baginya pintu kemenangan, diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang, ditambahkan baginya berbagai kenikmatan hidup, ditunjuki jalan yang lurus , dan diberi pertolongan dengan kekuatan yang dahsyat. ( Al Fath 1-3)
7.      Selalu mendapat perhatian istimewa dari Allah dimanapun ia berada , selama ia ingat pada-Nya (Al Baqarah 152)
8.      Terhindar dari beban hidup yang berat dan  tidak sanggup dipikul serta  terhindar dari siksa dan azab yang melampaui batas ( Al Baqarah 286)
9.      Diampuni segala dosanya, dihapuskan segala kesalahannya dan diwafatkan bersama orang yang berbuat kebaikan ( husnul khotimah)  (Ali Imran 193)
10.  Mendapat kehidupan yang baik sampai datang ajal yang telah ditetapkan (Hud 3, An-Nahl 97)
11.  Dibalasi dan dilipat gandakan amal kebaikannya dengan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan ( An Nahl 96-97)
12.  Selalu disertai Allah dimanapun mereka berada  (Al Baqarah 153, Al Hadit 4)
13.  Mendapat pertolongan dari ribuan tentara malaikat dalam menghadapi berbagai hal dan masalah didunia maupun akhirat  ( Ali imran 124-125, Fushilat 30-31)
14.  Dimudahkan semua urusannya dan diberi bimbingan  menempuh jalan yang mudah (Al Lail 7, Al A’la 8)
15.  Dibukakan baginya  keberkahan dan pintu rahmat dari langit dan bumi (Al A’raaf 96)
16.  16.   Diwafatkan dalam keadaan baik dan disambut oleh para malaikat dengan   salam penghormatan ( An Nahl 32, Ar Raad 23-24, Al Ahzab 44 )
17.  Mendapat kehidupan yang baik selama masa menanti  dialam barzakh ( Ali Imran 169)
18.  Memiliki wajah yang putih berseri dihari berbangkit ( Ali Imran 106-107)
19.  Memiliki wajah dan tubuh yang bercahaya terang dihari berbangkit ( Al Hadit 12-13 dan  At Tahrim 8)
20.  Menerima buku catatan amal dari sebelah kanan dan dimudahkan saat dihisab dan ditimbang semua amalnya (Al Haqqah 19-21 )
21.  Memiliki timbangan kebaikan yang lebih banyak dan berat (Al Qori’ah 6-7,Al A’raaf 8)
22.  Diselamatkan Allah dari ganas dan panasnya api neraka (Maryam 72-73, Al Lail 17)
23.  Dimasukan kedalam taman syurga dan hidup kekal selamanya disana (Az zumar 73)
Betapa banyak manfaat yang didapat dari dzikir mengingat Allah sebagai mana disebutkan diatas , namun sayang …..sedikit sekali orang yang mau dan tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut. Mudah mudahan setelah membaca berbagai keterangan diatas anda akan tertarik untuk melaksanakan ibadah dzikir mengingat Allah sepanjang waktu dikala berdiri, duduk dan berbaring. Mulailah berusaha menyisihkan waktu untuk duduk diam setelah sholat lima waktu atau pada waktu pagi dan malam hari , berzikir dengan menyebut Asma’ulhusna sebanyak banyaknya. Insya Allah anda akan merasakan berbagai manfaat sebagaimana disebutkan diatas, itu adalah janji Allah dalam Al Qur’an Dia tidak pernah mengingkari janji.  Allah maha kuat dan pasti memenuhi semua janji-Nya. Janji Allah tidak pernah meleset.
205- Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.
206-  Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya lah mereka bersujud.  (Al-A’raaf 205-206)
 Di web ini kami bermaksud memperkenalkan pada pembaca  metode dzikir dengan asmaulhusna dan tadabbur Qur'an yang disertai dengan tehnik pendendalian napas sehingga didapat hasil yang maksimal.Dengan metode ini anda bisa mengatasi rasa bosan,malas,  mengantuk, dan kaki kram atau semuatan dan selama melakukan kegiatan dzikir . Beberapa kondisi diatas merupakan kendala utama yang menyebabkan orang malas melakukan kegiatan dzikir setiap hari, walaupun anjuran dzikir banyak disebut didalam Qur'an dan hadist Rasulullah.
Bagi yang berminat mengikuti metode dzikir ini silahkan mengikuti pelatihan   yang kami adakan sesuai jadwal yang ada di web ini.  Setelah mengikuti pelatihan insya Allah anda bisa melatih kegiatan dzikir tersebut seorang diri dirumah  menggunakan ayat dan bacaan dzikir yang banyak kami cantumkan di web ini




MENANGIS MENGINGAT ALLAH1)
Oleh Djauharah Bawazir2)
 Bila kita mengingat atau terkenang dengan sesuatu maka kita biasanya terharu, terkadang kita sampai meneteskan air mata. Namun pernahkah kita menangis tatkala mengenang dan mengingat Pencipta (Allah) yang menciptakan manusia(kita) dan alam seisinya ini. Yang tak henti-hentinya mencurahkan cinta dan kasih sayang kepada hamba-hamba-Nya.
Menangis tatkala mengingat Allah merupakan salah satu keutamaan yang diajarkan Rasulullah. Motif menangis ini karena takut kemurkaan Allah. Orang yang takut kepada Allah selalu mengingat dan merindukan-Nya dengan harapan untuk memperoleh ridho dan syurga-Nya.
Bagaimana cara berhubungan dengan Allah ?
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berhubungan dengan Allah. Bahkan setiap saatpun setiap manusia dapat berhubungan dengan Allah, karena Allah sangat dekat dengan hambanya. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Al Baqarah [2] :186)
Salah satu cara berhubungan dengan Allah adalah dengan senantiasa berdzikrullah. Berdzikir merupakan sarana yang paling efektif untuk mendekatkan diri kepada Allah. Firman Allah dijelaskan, ”Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku”.(Qs. Al-Baqarah [2]: 152)
Ketika kita mengingat Allah maka hati kitalah yang menyimpan ingatan tersebut, sedangkan Akal dan Lisan merupakan alat bantu untuk mengingat. Artinya mengingat Allah bukan hanya sekedar dalam memori di kepala saja. Namun mengingatnya dengan menyimpan dalam hati kita.
Bagaimana cara berdzikir?
Cara berdzikir yang benar diterangkan dalam Kitabullah. Firman Allah dijelaskan, ”Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai”. (Qs. Al A’raaf [7]: 205)



Para ulama membagi dzikir itu ada 3 bagian:
  • Dzikir dengan Hati
Cara melakukan dzikir dengan hati yaitu berbuat segala sesuatu dengan ikhlas dan dipenuhi rasa cinta, takut & harap kepada Allah. Ketika keikhlasan sudah menjiwai dalam diri maka apapun ketetapan yang diberika oleh Allah akan menjadi mudah untuk dijalani.
  • Dzikir dengan Lisan
Dilakukan dengan cara mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, Istighfar. Dzikir ini sunnah dilakukan setiap selesai sholat maupun di pagi dan petang hari.
  • Dzikir dengan Perbuatan
Setiap perbuatan yang dilaksanakan berdasarkan kepada Allah dan Rasul-Nya merupakan bentuk dzikir kita dalam hal perbuatan. Perbuatan yang merupakan menjalani perintah Allah dan menjauhi laranganNya, sekaligus melakukan perbuatan yang mengikuti ucapan, sikap, perilaku Rasulullah maka merupakan dzikir dalam perbuatan.
Demikianlah salah satu cara kita mengenang dan mengingat Allah
Dengan dzikir hati kita menangis mengingat segala kuasa Allah yang tak terbatas. Sudahkah kita ikhlas menerima semua ketetapanNya?
Dengan dzikir lisan kita menangis menghayati tasbih, tahmid, takbir dan Istighfar yang kita lafazkan. Sudahkah kita memuji, bersyukur, mengagungkan dan memohon ampun dengan kesungguhan?
Dengan dzikir perbuatan kita menangis menghayati setiap perbutan diri ini. Sudahkah setiap perbuatan ini mengikuti aturan Allah dan sunnah Rasulullah Muhammad saw?
Allahu’alam bishawab



Terapi Dzikir Asmaulhusna
MENGHILANGKAN SIFAT BURUK, NEGATIF DAN TERCELA
Ketika menarik dan menahan napas baca  asmaulhusna sebagai berikut didalam hati :
Ya Quddus (yang maha suci),  ya jabbar (yang maha berkehendak) atau ya Hafiizh. (yang maha memelihara)
Ketika menghembuskan napas baca do’a sebagai berikut:
·         Ya Allah ya Quddus ….. ya Allah ya  Jabbar ,  atau ya Allah ya Hafiizh  , tolong hamba membersihkan hati dan fikiran hamba dari berbagai sifat buruk , negatif dan tercela. Bersihkan hati dan fikiran hamba dari berbagai sifat buruk, negatif dan tercela yang hamba ketahui maupun tidak hamba ketahui. Ganti berbagai sifat buruk dan negatif hamba dengan kebaikan dari sisiMu. Tanamkan didalam hati dan fikiran hamba sifat terpuji  dan sifat baik yang  Engkau  ridhoi. Perkenankan permohonan kami ini ya Allah.

Manfaatnya antara lain:
·         Menghilangkan berbagai sifat buruk dan tercela seperti  pemarah, dengki, buruk sangka, malas, khianat, dusta, mudah tersinggung, dan lain sebagainya
·         Menghilangkan kebiasaan  buruk seperti berjudi, minuman keras, berzina, kecanduan obat terlarang  (narkoba) dan lain sebagainya
·         Menghilangkan berbagai sifat buruk dan tercela yang diketahui maupun tidak diketahui
·         Muncul keinginan kuat untuk merubah perilaku buruk menjadi perilaku baik
·         Hilang kegairahan dan kemauan untuk melakukan perilaku buruk yang dilakukan selama ini
·         Timbul keinginan dan semangat untuk berperilaku baik , yang  selama ini telah ditinggalkan
        Keterangan:
Merubah karakter buruk dan sifat tercela dari diri seseorang bukanlah hal mudah seperti membalik telapak tangan, dibutuhkan usaha yang kuat dan sungguh sunguh dari yang bersangkutan.  Insya Allah bagi mereka yang ingin berubah do’a dan dzikir pernapasan diatas sangat membantu dalam usaha memperbaiki diri.  Umumnya efek dzikir dan do’a diatas akan dapat dirasakan setelah dilakukan selama  satu bulan .
Semakin lama dorongan yang muncul dari dalam diri untuk melakukan perbuatan buruk dan tercela yang sering dilakukan selama ini akan terasa semakin berkurang. Untuk melakukan perubahan ini tentu saja di butuhkan hasrat dan kemauan yang kuat dari  yang bersangkutan. Jika kemauan dari yang bersangkutan kurang kuat namun ibu /bapak atau salah satu saudaranya memiliki kemauan yang kuat agar saudaranya yang kecanduan narkoba atau berbagai sifat buruk dan tercela dapat berubah, maka saudara, ibu atau bapak orang yang bersangkutan dapat melakukan kegiatan dzikir diatas dengan do’a dimodifikasi ditujukan kepada orang yang bersangkutan, ketika menghembuskan napas baca do’a sebagai berikut :
·         Ya Allah ya Quddus ….. ya Allah ya  Jabbar ,  atau ya Allah ya Hafiizh  , tolong saudara hamba ……..(sebuat nama yang bersangkutan )  membersihkan hati dan fikiran nya  dari berbagai sifat buruk , negatif dan tercela. Bersihkan hati dan fikirannya dari berbagai sifat buruk, negatif dan tercela yang ia  ketahui maupun tidak ia  ketahui.Hilangkan sifat buruk ……..(sebutkan sifat tsb) yg selama ini sering ia lakukan .  Ganti berbagai sifat buruk dan negatif pada dirinya  dengan kebaikan dari sisiMu. Tanamkan didalam hati dan fikiran nya sifat terpuji  dan sifat baik yang  Engkau  ridhoi. Perkenankan permohonan kami ini ya Allah.
Usaha untuk merubah karakter buruk ini akan semakin terasa jika dilakukan oleh yang bersangkutan dibantu oleh orang terdekat seperti ibu/bapak, suami /istri , anak atau adik/kakak dari yang bersangkutan. Insya Allah , Dia tidak pernah menolak do’a yang dilakukan dengan sunguh sunguh dengan  hati yang tulus dan iklas.




TERAPI UNTUK KEKUATAN ,KESEHATAN DAN KESEGARAN

Ketika menarik dan menahan napas baca salah satu dari Asmaulhusna  sebagai berikut didalam hati :
Ya Aziz (yang maha perkasa) , ya Jabbar (yang maha berkehendaknya), ya Qohhar ( yg maha gagah ) , atau ya Qowiyyu (yang maha kuat).
Ketika  menghembuskan napas baca didalam hati do’a :
Ya Allah yang maha perkasa……..ya Allah yang maha berkehendak……ya Allah yang maha gagah……atau ya Allah yang maha kuat….Engkau lah raja yang berkuasa penuh disegala penjuru langit dan bumi , hamba mohon padaMu kekuatan , kesehatan dan kesegaran. Jadikan tubuh ini tetap sehat, kuat dan segar sepanjang hari, sehat ,kuat dan segar sepanjang masa, sehat, kuat dan segar sampai datang ajal yang Kau tetapkan. Sempurnakan kekuatan hamba dengan kekuatanMu ya Allah.
Doa lainnya :
……hamba mohon padamu singkirkan berbagai kotoran dan penyakit yang mengendap ditubuh ini, sempurnakan fungsi dari setiap organ tubuh hamba, sempurnakan aliran berbagai zat yang ada didalam tubuh hamba, jadikan tubuh hamba tubuh yang  tetap sehat kuat dan segar, perkenankan permohonan hamba ya  Allah
…..hamba berlindung padamu dari  bahaya dan kemudaratan apa –apa yang hamba makan dan minum, hamba berlindung padaMu dari bahaya dan kemudaratan segala sesuatu yang masuk dan keluar dari tubuh hamba , yang hamba ketahui maupun tidak hamba ketahui
Manfaatnya antara lain :
·         Badan terasa tetap kuat sehat dan segar
·         Terpelihara dari memakan makanan yang membahayakan kesehatan
·         Cenderung memilih makanan yang sehat
·         Waspada dan selalu memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh
·         Memiliki daya tahan tinggi terhadap serangan berbagai penyakit
Keterangan :
Secara alamiah tubuh yang kita gunakan ini akan mengalami pelapukan sejalan dengan bertambahnya usia. Proses tua dan pelapukan ini adalah proses alamiah yang tidak bisa kita cegah. Disamping itu tanpa kita sadari kadang kala kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat membahayakan kesehatan dan organ tubuh kita, sehingga muncul berbagai keluhan fisik seperti lelah, letih, lesuh , pegal , rasa sakit pada tempat tertentu. Tanpa diduga entah darimana asalnya tiba tiba mucul penyakit ganas yang menyerang organ tertentu ditubuh kita , seperti tumor, kanker, kista dan lain sebagainya.
Insya Allah dengan rutin membaca dzikiir dan do’a diatas kita akan terlindung dari  berbagai kondisi diatas.  Allah akan menuntun kita agar hati hati dalam memilih makanan dan minuman, melakukan olah raga ringan secara rutin, sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan lancar. Insya Allah tubuh menjadi sehat kuat dan segar, sehingga bisa menjalani hidup dengan nyaman. Dengan tubuh yang sehat dan bugar banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan , kita juga bisa beribadah dengan nyaman , tidak dirongrong berbagai penyakit . Insya Allah badan akan tetap sehat , kuat dan bugar sampai datang ajal yang telah ditetapkan Allah.



PERLINDUNGAN DAN PROTEKSI DIRI
Ketika menarik dan menahan napas baca salah satu dari Asmaulhusna  sebagai berikut didalam hati :
Ya Aziz (yang maha perkasa) , ya Jabbar (yang maha berkehendaknya), ya Qohhar ( yg maha gagah ) , atau ya Qowiyyu (yang maha kuat) ya Mu’min (yang memberi rasa aman) ya Waliyyu (yang maha melindungi) ya Malik (yang maha menguasai).
Ketika  menghembuskan napas pilih dan baca salah satu  do’a, sebagai berikut  didalam hati  :
( "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. “ Ali Imran 26 )
Ya Allah Engkaulah Raja yang berkuasa penuh disegala penjuru langit dan bumi, hamba berlindung padaMu dari bahaya dan kemudaratan apa-apa yang hamba  cemasi, dari bahaya dan kemudharatan apa-apa yang hamba takuti, dari bahaya dan kemudharatan apa-apa yang hamba temui, dari bahaya dan kemudharatan apa2 yang menghampiri hamba yang terlihat maupun tidak terlihat.
Ya Allah hamba berlindung kepada  Engkau  dari kesukaran kesempitan dan kegelapan hidup, dari kesukaran kesempitan dan kegelapan mati , dari kesukaran ,kesempitan dan  kegelapan  dialam kubur, dari kesukaran kesempitan dan kegelapan dihari berbangkit, dari kesukaran kesempitan dan kegelapan digari berhisab dan dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan siksa nerakaMU.
Manfaatnya antara lain:
·         Dilindungi dari bahaya dan kemudaratan apa2 yang ditakuti, dikuatiri dan dicemasi
·         Dilindungi dari bahaya dan kemudaratan apa2 yang ditemui dan menghampiri diri kita baik yang terlihat maupun tidak terlihat
·         Dilindungi dari kesukaran, kesempitan dan kegelapan hidup, mati, alam barzakh, hari berbangkit dan azab siksa neraka jahanam
Keterangan :
Dilindungi dari bahaya dan kemudaratan apa2 yang ditakuti, dikuatiri dan dicemasi
Dalam kehidupan sehari- hari kita sering diliputi perasaan takut, kuatir atau cemas yang kadang kala tidak jelas penyebabnya. Perasaan itu berasal dari was-was syetan yang membisikan hal negatif kedalam fikiiran dan hati . Perasaan tersebut bisa juga muncul akibat sesuatu yang memang jelas penyebabnya, misalnya rasa takut karena ada ancaman atau kondisi yang tidak aman misalnya berdomisili didaerah perang, atau konflik . Adanya acaman bencana seperti gunung meletus, badai, longsor, gempa, banjir bandang. Daerah tempat tinggal yang rawan perampokan, pencurian dan pemerasan dari para preman.

Do’a ini  bekerja dengan sistim perkuatan, semakin besar rasa takut , kuatir atau cemas yang dirasakan maka semakin besar pula efek proteksi yang  dialami. Orang yang secara nyata mengalami semua kondisi seperti diatas , biasanya akan lebih khusuk dalam melakukan dzikir ini, karena kondisi ancaman yang dialaminya adalah kondisi yang  nyata dan real. Insya Allah dengan rutin membaca dzikir ini hati menjadi tenang, dan Allah akan mendatangkan pertolongan dari tempat yang tidak diduga , jika acaman yang ditakuti itu menjadi kenyataan. Allah maha kuat untuk menyelamatkan dan menolong hamba2nya. Dia bisa menolong siapa yang dikehendaki dengan cara yang tidak masuk akal, misalnya seperti Nabi Ibrahim yang diselamatkan dari panasnya api, Nabi Musa membelah laut dan lain sebaginya.
Dilindungi dari bahaya dan kemudaratan apa2 yang ditemui dan menghampiri diri kita baik yang terlihat maupun tidak terlihat
Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi beberapa saat lagi dihadapan kita, tanpa diduga sebelumnya tiba tiba pesawat yang kita tumpangi mengalami kerusakan mesin dan terpaksa mendarat darurat, kendaraan yang kita kendarai terperosok masuk jurang, , Rumah tempat tinggal tiba tiba dilanda banjir bandang, atau ditimpa tanah longsor, kantor tempatkita bekerja tiba2 runtuh digoncang gempa dan banyak lagi kejadian buruk yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Disekitar kita juga banyak sumber bencana yang tidak bisa kita lihat misalnya gangguan virus dan kuman penyakit yang dapat menimbulkan kerusakan dan penyakit pada tubuh kita. Mahluk halus seperti Jin, genderuwo atau siluman kadangkala juga bisa menimbulkan gangguan yang sulit kita pahami. Dengan melakukan dzikir ini secara rutin insya allah kita akan terpelihara dari acaman dan bahaya semua kondisi yang tidak kita kehendaki itu.
Allah maha kuat melindungi hambanya dari berbagai kejadian yang datang secara tiba tiba, banyak kisah yang menceritakan pengalaman orang-orang yang selamat dari bencana secara menakjubkan. Pada peristiwa Tsunami Aceh, Gempa Padang, Bom Mariot, Bom Bali, Banjir waduk situ Gintung, banyak sekali kisa pengalaman orang yang lolos dari bahaya secara menakjubkan, demikianlah Allah menyelamatkan siapa yang dikehendaki-Nya dengan cara yang sulit kita pahami.
 
Dilindungi dari kesukaran, kesempitan dan kegelapan hidup, mati, alam barzakh, hari berbangkit dan azab siksa neraka jahanam
Perjalanan hidup kita masih sangat panjang, saat ini kita berada dalam perjalanan panjang yang tidak diketahui dimana ujung  perjalanan tersebut. Dihadapan kita masih  ada perjalanan kehidupan dunia, alam barzakh, kehidupan dihari berbangkit, hari berhisab, kehidupan disyurga atau neraka. Kita tidak tahu dimana akhir dari perjalanan hidup tersebut.  Disepanjang jalan kita akan menemui berbagai kesukaran , kesempitan dan kegelapan yang tidak kita mengerti.
Didunia kita berhadapan dengan berbagai kesulitan dan bahaya yang sudah sama kita ketahui.Dialam barzakh kita akan berhadapan dengan azab dan siksa kubur. Dihari berbangkit kita akan berhadapan dengan panas teriknya padang Mahsyar, berjalan dengan memikul beban dosa yang menggunung . Dihari berhisab kita akan dihadapkan pada pengadilan akhirat, lolos dari situ kita akan berhadapan dengan panasnya bara api jahannam Beruntunglah jika kita bisa lolos dari semua kesulitan itu dan masuk taman Syurga dengan aman dan tentram.  Insya Allah dengan rutin melakukan dzikir ini kita akan terpelihara dari semua kesukaran, kesempitan dan kegelapan didalam perjalan panjang tersebut dan mudah2an berakhir ditempat yang menyenangkan yaitu taman Syurga yang mengalir sungai sungai dibawahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar